Pencarian

Paus Pilot Ekor Pendek | sains.kompas.com
Paus Pilot Ekor Pendek | sains.kompas.com



MIAMI – Sebanyak 10 ekor paus terdampar mati di Pantai Taman Nasional Everglades, Florida, Rabu (4/12/2013) waktu setempat. Di sisi lain petugas berusaha menyelamatkan puluhan paus lainnya yang berenang di perairan dangkal berbahaya di dekat wilayah tersebut dengan mendorong mereka melewati gundukan pasir pantai untuk kembali ke laut.
Badan Kelautan dan Atmosfer Amerika Serikat (The National Oceanic and Atmospheric Administration/ NOAA) menyatakan, petugas suaka margasatwa terpaksa menyuntik mati empat paus yang sudah tidak mungkin diselamatkan lagi sementara tim berusaha mengarahkan 41 paus lain menuju perairan dalam.
Lewat Twitter NOAA menyatakan tindakan suntik mati tersebut terpaksa dilakukan sebab tingkat kemungkinan hidup paus yang terdampat sangat rendah. Para ahli biologi akan membedah paus-paus yang mati untuk mengetahui mengapa mereka terdampar, kata NOAA.
Kawanan paus itu pertama terlihat pada Selasa siang (3/12/2013) di bagian terpencil taman dekat Taman Teluk Meksiko, kata juru bicara taman, Linda Friar, seperti dilansir kantor berita Reuters. Mereka diperkirakan paus pilot sirip pendek yang biasa ditemukan di perairan dalam di daerah tropis dan daerah sedang.
“Paus pilot biasa terdampar, mereka cenderung melakukannya. Ketika diselamatkan, mereka cenderung berusaha mencapai pantai lagi,” kata Friar.
Menurut NOAA, paus pilot sirip pendek biasa mengembara dalam kawanan yang terdiri atas 25 hingga 30 paus. Paus dewasa beratnya antara 1.000-3.000 kilogram dan yang betina panjang tubuhnya 12 kaki (sekitar 3,7 meter) sedang paus jantan 18 kaki (sekitar 5,5 meter).

0 comments:

 
Catatan Pelajar © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top