Pencarian


ilustrasi|ANTARA
ilustrasi gempa|ANTARA

SURABAYA – Mahasiswa ITS Surabaya menciptakan software untuk alat peringatan dini terjadinya gempa yang menimpa bangunan berstruktur beton.  Adapun peringatan tersebut bisa disebarkan secara cepat lewat SMS (short message service/pesan singkat) kepada masyarakat.
“Software itu tidak hanya mampu mendeteksi gempa lebih awal untuk mengurangi korban jiwa dan materi, tetapi juga langsung memberikan peringatan cepat kepada masyarakat melalui SMS,” kata mahasiswa Jurusan Teknik Sipil ITS Surabaya, Robiy Ul Ars Al-Maliki  Jumat (6/12/2013).
Ia menceritakan alat yang merupakan karya Tugas Akhir (TA) berjudul “Aplikasi Sistem Peringatan Dini pada Komponen Struktur Beton” itu dibuat untuk bangunan berstruktur beton, seperti gedung atau jembatan.
“Alat itu menggunakan sensor straingauge untuk mendeteksi keretakan beton,” katanya saat mendemonstrasikan alatnya di Laboratorium Struktur Jurusan Teknik Sipil ITS Surabaya.
Adapun cara kerja alat ini, dimulai saat sensor guncangan ditangkap dan dicatat Data Logger. Data yang terekam oleh Data Logger tersebut akan otomatis terekam ke software yang dibuatnya itu.  Dengan software itupulalah peringatan bahaya gempa akan dikirimkan langsung kepada masyarakat melalui SMS.
“Sofware itu yang akan menentukan antisipasi apa yang harus dilakukan oleh pihak yang berkaitan dengan permasalahan tersebut dan juga masyarakat sekitar,” katanya.

0 comments:

 
Catatan Pelajar © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top